Senin, 04 Februari 2019

SPBU Akan Terapkan Sistem Digital di 2019

SPBU Akan Terapkan Sistem Digital di 2019, Sistem Digital SPBU di 2019
Seperti apa SPBU Akan Terapkan Sistem Digital di 2019 ? Jadi Sebanyak 5.518 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU milik PT Pertamina akan menggunakan sistem digital. 

Digitalisasi SPBU ini meliputi penyediaan infrastruktur digital SPBU, pusat data dan konektivitas di 5.518 SPBU yang mencakup 75.000 nozzle di seluruh Indonesia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara yaitu Rini Soemarno mengatakan, program ini ditujukan untuk memantau penyaluran BBM yang dikeluarkan melalui nozzle. Selain itu, digitalisasi ini juga dapat memantau ketersediaan BBM di tangki penyimpanan tiap-tiap SPBU.

Rini menuturkan, fokus utama pemerintah dengan digitalisasi SPBU ini adalah memastikan penyaluran BBM non subsidi dapat tepat sasaran melalui adanya digitalisasi SPBU.

Secara sejarah, data BBM sangat jauh dari akurat. Jadi kita sering menghadapi kelangkaan BBM karena kita menyimpan stock dimana dimana tidak akurat," kata Rini di Kantor Kementerian BUMN.

"Kalau kita mau ambil keputusan diberikan data sampah ya keputusannya jadi keputusan sampah," tegas Rini.

Untuk melancarkan program ini, PT Pertamina bersinergi dengan PT Telkom Indonesia, 2 perusahaan plat merah telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Bu Rini berharap, program tersebut dapat di implementasikan secepatnya, sehingga bisa memastikan penyaluran BBM subsidi tepat sasaran. Sesuai kesepakatan, proses implementasi digitalisasi SPBU akan diupayakan maksimal untuk dapat diselesaikan pada Desember 2018 atau selambat-lambatnya dalam Triwulan pertama tahun 2019.

"Saya mengharaokan Bu Nicke (Dirut Pertamina) dan Pak Alex (Dirut Telkom) kerja sama untuk merealisasikan secepat mungkin. Saya tahu tidak mudah karena ada banyak stakeholder yang dirangkul," kata Rini.

Penandatanganan Sinergi Digitalisasi SPBU tersebut disaksikan Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Kepala BPH Migas M. Fanshrullah Asa, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dan Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga.
Sumber economy.okezone.com.

Itulah informasi tentang SPBU Akan Terapkan Sistem Digital di 2019.
Baca juga Perusahaan Perusahaan Yang Mengoperasikan SPBU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar