Rabu, 30 November 2016

SPBU

SPBU, Peralatan SPBU, Alat SPBU
Apa itu SPBU ?
SPBU atau yang di sebut Stasiun Pengisian Bahan Bakar adalah tempat di mana kendaraan bermotor dan mobil dapat memperoleh bahan bakar. 

Di Indonesia, Stasiun Pengisian Bahan Bakar dikenal dengan nama SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum).


Tapi masyarakat Indonesia juga memiliki sebutan lain bagi SPBU yaitu Pom Bensin.


Stasiun Pengisian Bahan Bakar, pada umunya menyediakan beberapa jenis bahan bakar antara lain :


Bensin dan beragam varian produk Bensin

Solar
E85
LPG dalam berbagai ukuran tabung
Minyak Tanah
Banyak Stasiun Pengisian Bahan Bakar yang juga menyediakan layanan tambahan. Misalnya, musholla, pompa angin, toilet dan lain sebaginya. Stasiun Pengisian Bahan Bakar modern, bisanya dilengkapi pula dengan minimarket dan ATM. 

Tak heran jika Stasiun Bahan Bakar juga menjadi meeting point atau tempat istirahat. Bahkan, ada beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar, terutama di jalan tol atau jalan antar kota, memiliki kedai kopi seperti Starbucks, atau restoran fast food dalam berbagai merek.


Di beberapa negara, termasuk Indonesia, Stasiun Pengisian Bahan Bakar dijaga oleh petugas-petugas yang mengisikan bahan bakar kepada pelanggan. 


Pelanggan kemudian membayarkan biaya pengisian kepada petugas. Di negara-negara lainnya, misalnya di Amerika Serikat atau Eropa, pompa-pompa bensin tidak dijaga oleh petugas; pelanggan mengisi bahan bakar sendiri dan kemudian membayarnya kepada petugas di sebuah loket.


Sumber id.wikipedia.org.